top of page

Alan Jacob’s Theory “Great Street”

Alan Jacobs telah mengamati dan mengukur sejumlah jalan dan jalanan kota yang terkenal, Untuk menemukan apa yang membuat jalanan-jalanan umum hebat. Dan semuanya dituliskan dalam sebuah buku yaitu Greet Streets (1995). Dalam Buku tersebut Jacobs banyak bercerita bagaimana jalan tentang jalanan umum yang hebat.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jalan yang telah saya amati, yaitu jl. Gatot subroto, tepatnya di gading Serpong. dalam pengamatan ini saya mencoba berjalan sebanyak 3 waktu,dan dalam satu waktunya saya berjalan selama 1 jam.

Selama pengamatan saya merasakan banyak kekurangan pada jalan ini, diantaranya tidak adanya pedestrian untuk orang berjalan kaki, kurangnya pepohonan hingga orang yang berjalan disana pada siang hari merasakan kepanasan, tidak ada zebra cross sehingga orang merasa tidak aman ketika berada di jalan itu. selain itu, jalanan ini berbentuk jalanan boulevard yang dimana jalan ini memiliki dua jalur akan tetapi banyak orang yang tidak memanfaatkan jalan ini sebagai sarana transportasi, dan hanya menggunakan jalan ini untuk parkir pengguna lapangan pada pagi dan sore hari. Di sekitar jalanan ini juga banyak pedagang kopi keliling yang menetap di sepanjang jalan, dan menimbulkan banyak sampah.

Namun, ada beberapa kelebihan yang saya tangkap pada jalan ini. Diantaranya ada beberapa komunitas di jalanan ini yang membuat jalan ini tetap ramai, dan juga warga yang hidup di sekitar jalan ini menggunakan jalan ini sebagai tempat berolahraga pada pagi dan sore hari. Untuk penerangan di malam hari dapat terlihat cukup terang dengan lampu-lampu yang berada di tepi jalan.

Single post: Blog_Single_Post_Widget

Recent Posts

Archive

Tags

bottom of page